chiil

Mendaur Ulang Ide..

In Ngerumpi on November 3, 2010 at 10:25 am

ide

Jujur saya sering merasa kesulitan menulis di Ngerumpi. Berbeda dengan blog, yang bisa kita tulis sesuka kita, di Ngerumpi ada tema besar yang menjadi benang merah.

Perempuan.

.

Ya, sesuai tagline-nya, Ngerumpi adalah tempat ngerumpiin segala hal tentang perempuan. Sejak dilahirkan setahun yang lalu, Ngerumpi sudah menelurkan kurang lebih 14.000 tulisan. Wow! Suatu angka yang fantastis!

Nah, pernah kehabisan ide mau nulis apa lagi tentang perempuan?

Atau malah punya ide bejibun, tapi udah pernah ditulis sama warga lain? Ga masalah.. Yuk kita gali lagi ide-ide seru yang bisa jadi tulisan menarik di Ngerumpi. Karena judulnya daur ulang ide, boleh donk kita buka-buka lagi arsip lama Ngerumpi, terutama yang masuk Pilihan Moderator, lalu kita pelajari ide dan cara penulisannya hingga jadi artikel yang menarik.

.

Kalo dikira nyontek gimana, kakak?

.

Tenang, yang mau kita pelajari adalah ide pokoknya. Setelah itu kita kembangkan ide itu menjadi artikel baru, karena di samping menuliskan pengalaman kita sendiri, kita juga memasukkan gaya penulisan kita yang khas disana. Akan lebih bagus lagi kalo kita mengembangkannya menjadi ide/tulisan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Keren!

Trus, apa aja sih ide yang bisa didaur ulang? Yuk cek tulisan di bawah. Semua saya sesuaikan dengan kategori yang ada di Ngerumpi beserta contoh artikel yang cukup mewakili topik tersebut.

.

1. Living Single

– Tips tetap seru kala jomblo

Tsaahh.. Jadi jomblo bukan berarti akhir dunia kan? Bisa lho saling berbagi tips disini, terutama buat menghadapi mereka-mereka yang suka riwil bin nyinyir sama status jomblo kita.

Worth to read : Being Single and…. Happy?; Kapan Nikah?

.

– Mantan

Meh, ngomongin mantan emang bawaannya emosyii mulu. Trus apa donk hal seru yang bisa dibahas tentang mantan? Bisa tentang tips menghadapi mantan yang masih ngejar-ngejar kita (ehem), atau berbagi cerita saat mendatangi pernikahan mantan. Whooaa.. Pasti berguna banget nih artikelnya.

Worth to read : Dear Mantan Kekasih ; Datang ke Nikahan Mantan?

.

– Wanita dan karir

Mau share tentang kesulitan/kemudahan sebagai wanita di tempat kerja? Atau tuntutan untuk mencari pasangan hidup di saat karir sedang tinggi-tingginya? Boleh bangeettt.. Kalau ada tips-tips seru lainnya boleh lhoo dibagi disini.

Worth to read : Tips untuk Karyawati Baru ; Bekerja vs Berkarier

.

– Single parent

Jangankan menjadi orang tua tunggal, mempunyai pasangan hidup pun tak lepas dari masalah. Yuk share tentang kehidupan wanita sebagai satu-satunya tulang punggung keluarga, suka dukanya, pengalaman mendidik anak, atau kesulitan di balik pengambilan keputusan sebagai single parent.

Worth to read : Single Mum or Married Unhappy? ; The Real Superwoman

.

– Pernak-pernik wanita

Yang namanya wanita, ga pernah lepas dari obrolan tentang trend terkini, misal sepatu,  pakaian, atau make-up. Yuk bahas pernak-pernik wanita disini.

Worth to read : Rebonding ; Melihat Isi Tas

.

2. Relationship

Pacar

Ngomongin pacar, ga melulu tentang betapa jatuh cintanya kita sama dia, atau betapa menderitanya kita saat dia jauh. Simpan dulu puisi menye2-nya. Coba bikin artikel tentang kegiatan-kegiatan positif untuk mengalihkan rasa rindu (misal : menulis, berkebun, les pantomim), berbagi tips menjalani Long Distance Relationship (LDR), atau share tentang sulitnya pacaran sama orang yang berbeda suku, ras, agama maupun kasta (ouch!). Bakal berguna banget dan bisa jadi ajang diskusi sama warga Ngerumpi yang lain lhoo..

Worth to read : Sudah Siap Menikah? ; Dating Violence

.

– Suami/Istri

Hubungan suami-istri tentunya ga kalah pelik. Masalah bukannya nambah dikit setelah menikah, malah makin banyak & ruwet. Buat yang sudah menikah, boleh donk dibagi ke kami-kami yang masih lajang, gimana sih suka-dukanya menikah, atau cara menjembatani perbedaan yang muncul dalam pernikahan. Teman-teman yang lajang juga bisa menulis artikel mengenai ini, misal pandangannya tentang pernikahan, ketakutannya, dll.

Worth to read : Suamiku Menikah Lagi ; Cinta dan Jarak yang Membentang

.

–  Sahabat

Ngomongin relationship, ga melulu hubungan cinta antara pria dan wanita. Bisa juga tentang hubungan persahabatan. Pernah ga sih, ditusuk sahabat dari belakang? Pernah ga sih, rebutan cowo? (eww..)

Atau kalau ada cewe yang punya sahabat cowo, pernah ga sih saling jatuh cinta? Yuk dibagi dimari. Lebih bagus lagi kalo ditambah tips-tips mengatasi masalah yang terjadi dalam hubungan persahabatan.

Oh ya, sahabat disini ga melulu berwujud manusia lho. Cerita tentang persahabatan wanita & binatang peliharaannya juga bakal seru. Hihihi.. *mlipir*

Worth to read : “Adek-Kakak” Angkat ; Wanita Ngerumpi

.

Selingkuhan

Nah untuk topik ini, silakan berkreasi sendiri-sendiri.. Boleh banget share pengalaman pribadi, misalnya tips sukses selingkuh. *eh* *ngilang*

Worth to read : Jika Memang Harus, Selingkuhlah Dengan Baik dan Benar

.

3.       Family

Hubungan orang tua dan anak

Yang namanya keluarga, menjadi topik yang penting juga untuk dibahas. Gimana sih cara mendidik anak di era 2.0 seperti ini? Gimana sih cara orang tua melibatkan anak dalam diskusi mengenai berbagai hal? Bisa juga menulis artikel yang ringan namun menggelitik, macam fetish ayah terhadap rambut panjang anak perempuannya, atau beratnya ayah melepas anak perempuannya untuk menikah.

Worth to read : Kiddo 2.0 ; Aku, Papa, dan Rambut Panjangku ; Dan Aku Telah Durhaka Kepada Anakku

.

Ngerumpi

Kenapa Ngerumpi dimasukkan di kategori ini? Karena semua warga Ngerumpi adalah keluarga.

Worth to read : Warga Ngerumpi di PB 2010 ; Kencan Pertama ; Jejak-Jejak Pertemuan

.

Hubungan saudara

Pernah mengalami sibling rivalry, atau persaingan antar saudara? Buat kakak beradik yang kesemuanya perempuan, tentu banyak cerita seru donk. Misal jadi temen curhat, saling bertukar pakaian/sepatu, atau malah pernah naksir cowo yang sama? Yuk di- share.

Worth to read : Mengingat Saudara ; Mengalah Itu Bukan Cuma Milik Kakak

.

4. X&Y

Ini tentang -uhuk- seks. Sepertinya belum banyak yang membahas topik ini. Jadi silakan dimulai. Jangan lupa kasih tanda 17+ *loh*

Worth to read : Seks : Cara Menemukan Perfect Match & Perfect Person; Postingan X dan Y!

.

5. OOT

Kategori OOT (Out Of Topic) ini khusus untuk artikel yang tidak masuk ke kategori manapun di atas.

.

6. Foto

Punya foto-foto yang ingin dibagi? Foto kopdar Ngerumpi, misalnya. Boleh banget di-upload dimari. Akan lebih baik lagi kalau yang di-upload adalah foto pria-pria tampan, single dan mempesona *cleguk*

.

Tambahan :

7. Artikel copas (copy paste)

Copas boleh ga sih, kakak?

Kalau nemu artikel yang seru, ga mesti sekedar kopas kok. Bisa tuh coba menulis ulang artikel tersebut dengan bahasa sendiri. Dengan isi yang sama, penyampaiannya bisa beragam. Dan pastinya lebih seru dan berkesan kalau kita tulis sendiri.

Saya pernah mencoba menulis ulang. Hasilnya adalah artikel ini.

Tapii kalau memang ga ada waktu atau ga ada ide untuk menulis ulang, boleh-boleh saja di-copas. Jangan lupa, wajib hukumnya mencantumkan sumbernya dengan jelas. Yuk kita hargai karya orang lain.

Nah, contoh di atas adalah sedikit ide untuk membuat artikel. Masih banyak lagi ide yang bisa dikembangkan, tergantung kreativitas penulis. Ga harus berbentuk artikel, tapi bisa juga puisi, komik, atau pantun. Hihi.. Oh ya, sekedar mengingatkan, disini kita ngerumpiin segala hal tentang perempuan. Jadi, tetap di koridor itu yaa..

.

Ada masukan/ide lain yang bisa ditambahkan? Yuk berdiskusi.

.

Karena berbagi tak pernah rugi.

.

P.S : Sangat tidak disarankan menulis kalimat pendek yang cocoknya ditulis sebagai update status di FB/twitter. Daripada sekedar postingan update status, coba dikembangkan menjadi artikel yang menarik. Pasti seru 🙂

.

gambar dari sini

.

>> baca komentar-komentar selengkapnya disini.

Advertisements
  1. wew chiil…
    *pulang berkunjung dari Ngerumpi*

    postinganmu memang yahud og chiil, ajari dunks nulis bermutu dan inspiratif gini…

    nanti kalo saya siap diri, saya gabung deh ke ngerumpi hihihi
    *mlipir*

  2. akhirrrrnya…. tetangga ngerumpi berkunjung kesini…(~_*) haiii mba… nice to mett you at pesta blogger .humm seru seru seru…daku mah bingung juga awal-awal tersesat di hutan Ngerumpi. hikss…(~_*) tapi sekarang tidak lagi.:D

    • haiiiii ismi 😀
      makasih udah mampir.. rajin2 nulis yaa.. jangan kyk saya yang cuma crosspost dari ngerumpi :mrgreen:

      kapan2 kopdar yuuuukk 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: