chiil

King’s Speech

In Memory ~ Hafiza, Movie Review on February 23, 2011 at 3:17 pm

gambar


[Warning : No Spoiler]

Pernah melihat orang gagap, yang jangankan 1 kalimat, menyebutkan 1 kata saja sulitnya setengah mati?

Dengan statusnya sebagai Duke of York, Albert (Colin Firth) yang punya nama kecil Bertie ini memang harus siap menggantikan ayahnya, King George V (Michael Gambon), sebagai raja. Suatu hal yang berat bagi Bertie, pasalnya seorang raja akan sering tampil di muka umum untuk berpidato. Padahal Bertie menderita kesulitan bicara alias gagap!

Ketika sang Ayah akhirnya mangkat, kakaknya yang ditunjuk menjadi pewaris tahta pun gamang karena suatu alasan. Mau tidak mau Bertie menjadi harapan kerajaan Inggris. Tapi, apakah Bertie sanggup?

Dibuka dengan gagalnya pidato Bertie pada penutupan pameran kerajaan, film yang ber-setting tahun 1930-an ini menuturkan kisah Bertie dan istrinya, Elizabeth (Helena Bonham Carter) yang berjuang menyembuhkan penyakit gagap. Mulai dari dokter 1 ke dokter lainnya, penyakit Bertie tak juga sembuh. Akhirnya bertemulah mereka dengan speech defect specialist bernama Lionel Logue (Geoffrey Rush) yang mempunyai metode aneh untuk menyembuhkan penyakit sulit bicara seperti gagap. Dan cerita pun bergulir.

Bagaimana dengan status Bertie? Apakah ia akhirnya menjadi raja? Apakah metode Lionel tepat? Dan pertanyaan terpenting : apakah penyakit gagapnya sembuh & Bertie bisa lancar berpidato?

gambar

Menonton film ini, harus siap-siap tertawa, sedih, terpaku, dan ikut merasakan konflik batin Bertie dengan segala permasalahannya. Pertemanan Bertie dan Lionel pun menjadi sisi lain yang diungkap dalam film ini. Benar-benar akting luar biasa dari para pemainnya, terutama Colin Firth, pemeran Bertie. Gagapnya pun benar-benar terasa alami, sampai penonton pun rasanya ikut menahan nafas saat dia berusaha menyelesaikan 1 kalimat.

Yang menarik perhatian saya, selain cerita dan akting pemain-pemainnya yang berkualitas, adalah gambarnya! Dengan sudut-sudut pengambilan gambar yang tidak biasa & keren, mata pun serasa dimanjakan. King’s Speech besutan Tom Hooper ini memang layak mendapatkan 12 nominasi Oscar, salah duanya kategori Best Cinematography dan Best Screenplay (David Seidler).

Rating : 9/10

Advertisements
  1. Sekalian link donlot dong! Hehe..

    Tapi sayang sekali, saya udah terlanjur bertekad gak nonton film lain selain filmnya will smith. Kalo tekad saya udah gak bulat lg ntar saya tonton deh film ini

  2. belum nontooonnn 😥
    diposting di BF juga ga nih ? :mrgreen:

  3. mmm.. bagus sepertinya..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: